Kelebihan Sekaligus Kekurangan Pasang Kaca Sebagai Pembatas Ruangan

Kelebihan Sekaligus Kekurangan Pasang Kaca Sebagai Pembatas Ruangan – Evolusi desain rumah semakin dinamis dan beragam. Perpaduan nuansa natural dan homey mengurangi hambatan penghalang melalui penggunaan media kaca yang semakin banyak ditemukan pada rumah modern.

Penggunaan kaca sebagai alternatif memiliki aspek positif dan negatif yang harus diperhitungkan saat ingin mengaplikasikannya. Berikut kelebihan dan kekurangan pasang kaca untuk pembatas ruangan.

Kelebihan Kaca Sebagai Pembatas Ruangan

Penghemat Listrik

Cahaya lebih mudah masuk dari luar rumah terutama pada siang hari, karena penggunaan energi listrik bisa kurang dari satu watt dan durasi. Di ruangan yang dipisahkan oleh dinding, beberapa ruangan mungkin memerlukan pencahayaan lebih cepat, bahkan sebelum matahari terbenam. Sehingga durasi lampu akan menjadi lebih lama sekaligus watt lebih besar.

Ruangan Lebih Luas

Dengan mengaplikasikan partisi kaca ruangan yang besar, ruangan akan terasa lebih luas dan lega. Apalagi jika rumah telah menerapkan dinding kaca besar yang berfungsi untuk sekat antara bagian dalam dan bagian luar, maka rumah akan terasa seperti tidak ada batasnya.

Modern

Kesan modern langsung terlihat saat melihat rumah yang menggunakan panel kaca sebagai pengganti dinding atau sebagai jendela. Karena penggunaan kaca berukuran lebar, identik dengan rumah modern saat ini. Anda bisa menemukannya di tempat yang jual kaca.

Kelebihan Kaca Sebagai Pembatas Ruangan

Perawatan

Apalagi dalam hal kebersihan, butuh banyak tenaga untuk membersihkan kaca di kedua sisinya. Untungnya, teknologi sekarang sudah maju sehingga kita bisa menggunakan tenaga robot untuk membersihkan kaca, namun meski begitu, biaya perawatannya lebih tinggi daripada di dinding beton.

Mahal

Ketebalan kaca memang perlu menjadi perhatian saat memutuskan apakah akan menggunakan material kaca sebagai partisi antar ruangan atau sebagai pengganti dinding bata. Memasang kaca lebar yang harus disesuaikan dengan ketebalan yang sesuai agar dinding tahan terhadap guncangan, cuaca dan angin.

Kaca dinding biasanya berjenis tempered glass, kaca untuk keperluan ini harganya sangat mahal dan harus dipasang oleh tenaga ahli yang benar-benar mengerti dan berpengalaman dalam memasang kaca penyekat untuk rumah tinggal.

Panas

Saat cuaca sangat panas, rumah dengan dinding kaca akan menerima panas yang berlebihan dan jika Anda bekerja di ruangan tersebut Anda akan merasa tidak nyaman, namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan tirai, juga menggunakan kaca ribbed atau menambahkan AC jika diperlukan juga. Adapun jika menggunakan AC, akan berbeda dengan penghematan listrik yang didapat dari pengurangan penggunaan lampu.

Cara Memasang Partisi Kaca

Partisi kaca harus dipasang dengan hati-hati. Jangan biarkan kaca pecah atau rusak secara tidak sengaja saat memasang partisi. Untuk mencegah hak tersebut saat membuat hard partisi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Pahami Persyaratan Ruang Yang Akan Dibagi

Sebelum membagi atau memasang sekat, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan ruangan yang akan disekat. Konfirmasikan ukuran ruangan, lakukan pengukuran luas yang akan dibagi. Kemudian Anda dapat melihat ukuran partisi yang akan dibuat. Model partisi juga bisa dipilih setelah memahami kondisi ruangan yang akan digunakan.

Gunakan Gelas Yang Sesuai

Jika kebutuhan ruangan sudah terpenuhi dengan baik, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih kaca. Ada banyak jenis kaca yang ada saat ini. Sehingga pengguna partisi dapat memilih jenis kaca yang paling sesuai. Tidak hanya jenis kaca yang harus diperhatikan, masalah kaca juga harus diperhatikan.

Pilih kaca tebal sesuai dengan posisi kaca yang akan digunakan. Partisi yang akan digunakan untuk kamar mandi mungkin memiliki ketebalan yang berbeda dengan partisi yang akan digunakan untuk ruangan biasa. Dasar untuk pilihan ini adalah persyaratan ruangan yang dianalisis sebelumnya.

Pilih Sistem Pemasangan Yang Sesuai Untuk Partisi Kaca

Ke mana harus pergi Saat memasang partisi kaca, ada dua sistem yang umum digunakan. Pertama sistem dengan bingkai (frame), kemudian sistem tanpa bingkai (frameless). Pengguna dapat memilih sistem pemasangan yang dirasa cocok dengan fungsinya. Cara memasang partisi dengan bingkai ini, misalnya, mirip dengan pemasangan kaca pada daun jendela.

Demikian ulasan tentang Kelebihan Sekaligus Kekurangan Pasang Kaca Sebagai Pembatas Ruangan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *